Baiklah Bapak2, sebelum kami menjelaskan 3 macam pompa air, Anda kami beri tahu dulu ya, bahwa kami itu adalah dari toko pompa “Abadi Pompa” yang alamatnya ada di Jln Rajawali A2 nomor 4, Perum UNS V Palur, desa Ngringo, kec Jaten, kab Karanganyar.

Menurut yang kami mengerti 3 macam pompa air itu adalah:

  1. Pompa air sumur dangkal.
    Adalah mesin pompa air yang kemampuan menghisap airnya maksimal adalah 9 meter. Maksudnya ukuran 9 meter itu adalah panjangnya pipa paralonnya diukur dari pipa yang dimasukkan ke dalam air sumur sampai dengan yang menancap dipompa air. Pompa air sumur dangkal biasanya dipakai untuk sumur – sumur rumah tangga, dimana kedalaman sumurnya adalah maksimal 9 meter dari permukaan tanah. Konsumsi daya listrik sumur dangkal rata – rata kecil, hanya 125 watt saja.
  2. Pompa air sumur jet pump.
    Adalah pompa air yang kemampuan menghisap airnya adalah maksimal 30 meter. Pompa air jet pump jenisnya dibagi 2, yaitu semi jet pump dan jet pump. bedanya adalah kemampuannya dalam menghisap air, selain itu perbedaannya adalah pada jumlah pipa paralonnya, semi jet pump pipa paralonnya satu sedangkan pompa air jet pump pipa paralonnya 2 buah, satu berfungsi untuk mendorong dan satunya lagi berfungsi untuk menghisap. Pompa air jet pump adalah solusi mesin pompa air yang kedalaman ngebor sumurnya adalah lebih dari 9 meter. Konsumsi daya listriknya lebih besar dari pompa air sumur dangkal. Daya listrik pompa air jet pump barangkali adalah bisa sampai 250 watt. Pompa air jet pump semburan airnya lebih kuat dari sumur dangkal dan kapasitas debit airnya juga lebih besar dari pompa air sumur dangkal.
  3. Pompa air sumur dalam (deep well).
    Adalah pompa air yang digunakan sebagai mesin pompa air dengan kedalaman ngebor sumur bornya adalah bisa antara 30 meter sampai dengan 150 meter. Pompa air dalam deep well sering disebut dengan nama pompa submersible. Daya listrik yang dibutuhkan oleh pompa submersible cukup besar. Pompa air sumur dalam submersible deep well biasanya dipakai untuk mesin pompa air sumur bor di sawah, industri/ pabrik, hotel, dan lain sebagainya dimana kebutuhan debit air yang dibutuhkan sangat besar.

Demikianlah Bapak – Bapak penjelasan dari kami soal 3 macam pompa air, semoga bermanfaat untuk Anda, terutama bagi Anda yang ingin membeli pompa air yang akan Anda pakai untuk mesin pompa air sumur Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat